- Advertisement -

NASIONAL

OPINI

- Advertisement -

Koramil 09/Lgm "Menyatu Dengan Alam" Galakkan Seed Ball atau Bola Benih

 

Babinsa Koramil 09/Lgm dipimpin Danramil 09/Lgm Kapten Arh Aswin Sembiring melaksanakan pembuatan Seed Ball atau Bola Bibit tanaman keras maupun pohon buah-buahan.

BATAM, SOROTTUNTAS.COM - Penjabaran perintah Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Msc. tentang Program TNI-AD Menyatu Dengan Alam di laksanakan oleh jajaran Koramil dibawah Kodim 0313/Kpr sesuai perintah Dandim 0313/Kpr Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho S.H M.IP.


Babinsa Koramil 09/Lgm dipimpin Danramil 09/Lgm Kapten Arh Aswin Sembiring melaksanakan pembuatan Seed Ball atau Bola Bibit tanaman keras maupun pohon buah-buahan, Jumat, (05/07/2024). 


Seed Ball atau Bola Benih merupakan bulatan kecil berdiameter 20 – 30 mm yang berisi tanah pucuk, pupuk kompos, dan biji-biji tanaman. Benih tanaman tersebut dibungkus sedemikian rupa untuk melindungi benih dari predator dan kondisi lingkungan yang ekstrem, serta untuk memberikan nutrisi awal pada benih setelah berkecambah.


Danramil menjelaskan, pelaksanaan pembibitan dengan metode bola benih (Seed ball) selain pembibitan di lahan semai. Metode Bola Benih (seed ball) merupakan salah satu metode penanaman benih tanaman melalui pembuatan media tanam berbentuk bola - bola dari tanah dan pupuk yg diisi dengan benih tanaman, selanjutnya disebarkan dengan cara dilempar atau dengan menggunakan drone pada lahan yang sulit dijangkau dan terpencil.


"TNI-AD Menyatu Dengan Alam" merupakan salah satu program unggulan KASAD, sebagai upaya dalam mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor serta menggalakkan gerakan pelestarian lingkungan hidup dengan implementasi nyata melalui gerakan penanaman pohon.


Berkaitan dengan program tersebut, Koramil jajaran Kodim 0313/Kpr, yang terdiri dari enam belas Koramil di tiga kabupaten melaksanakan pembuatan Seed Ball atau Bola Benih secara maksimal. Dengan demikian penanaman pohon di wilayah yang sulit dijangkau, terpencil dan lahan medan ekstrim dapat dilakukan sebanyak-banyaknya.

LAINNYA,
« Prev Post
BACA BERIKUTNYA,
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *